Halaman

Jumat, 01 Juli 2011

Foto asli melihat/menikmati obyek arsitektur MASJID AGUNG JAMIQ MALANG

Masjid agung JAMIQ MALANG

Alun-alun kota malang
 

   

TAMPAK DEPAN DARI MASJID AGUNG JAMIQ MALANG


Masjid ini teletak di dekat alun-alun kota malang yang aksesnya sangat mudah karena di pinggir jalan raya dan pas di depan alun-alun kota Malang. Masjid ini di pergunakan sebagai tempat belajar membaca AL.QURAN bagi para anak-anak atau semacam tempat les membaca AL.QURAN.
Sewaktu saya surve ke Masjid ini saya melihat dari luar, bahwa masjid ini memiliki tekstur yang sangat banyak dan bermacam-macam bentuknya begitupun penonjolan-penonjolan pada kolomnya yang ada di dinding masjid yang saya liat dominan dengan garis kotak.



TERAS MASJID AGUNG JAMIQ MALANG


Saya melihat tekstur yang ada di langit-langit pada teras majid ini banyak menggunakan gypsum yang terbuat dari semen putih. Begitupun untuk bahan untuk kusennya banyak menggunakan kayu. Ketika saya berdiri di atas terasnya saya merasakan bahwa ada perpaduan antara bangunan tradisional dan  bangunan modern

.

PINTU MASUK YANG ADA DI SAMPING


Ketika saya berdiri di pintu samping  untuk  masuk saya melihat ada unsur lengkung dan di tambah dengan garis arsitektural yang terbuat dari semen putih yang di cetak dengan pola bergelombang sehingga memberikan kesan yang indah.

Sedangkan di samping kanan saya terdapat sebuah beduk yang di gunakan untuk menandakan waktu sholat sudah tiba. Sehingga orang-orang yang akan melakukukan sholat bisa tau kapan akan melakukan sholat.



           

TIANG-TIANG PADA MASJID AGUNG JAMIQ MALANG

Pilar-pilar yang ada di masjid ini banyak mengunakan corak yang bergaris, sehingga untuk teksturnya pun berbentuk kasar.



KESAN-KESAN

Kesan-kesan saya saat melihat masjid yang berada sangat dekat dengan alun-alun ini adalah saya melihat konstruksi dari masjid ini bahwa kosntruksinya banyak menggunakan bentuk-bentuk yang melengkung dan bundar, misalnya unsur pada jendela-jendela dan pintu yang ada pada masjid ini. Begitupun untuk unsur-unsur bundar yang terdapat pada menara dan kubahnya banyak menggunakan unsur bundar yang bercorak garis.
Jadi masjid ini sangat megah dengan ornamen sebagai ciri khasnya, sehingga orang bisa tau kalo ini adalah
MASJID AGUNG JAMI MALANG.

1 komentar: